Jumat, Juli 18, 2008

Orang Tua, Teman Bermain Anak


Dunia anak adalah dunia bermain. Mendapat kesempatan bermain adalah hak setiap anak. Oleh karena itu, harapan ke depan, anak-anak selalu semangat dalam menghadapi segala tantangan dan dapat menyelesaikan masalah-masalah sederhana.
Orang tua adalah salah satu teman bermain bagi anak. Dengan kata lain, kita harus peka dan tanggap. Peka , artinya tahu kapan anak masih mau bermain dan tidak. kita pun harus tahu karakteristik anak. Ada anak yang aktif dan anak yang diam.
Jika ia termasuk yang aktif, tentu kita tidak bisa memaksanya untuk main yang diam di tempat saja. Misalnya, memaksanya melihat buku bergambar. Untuk anak aktif, memandang bukunya 1-2 menit saja sudah bagus. Itu sebabnya, lama bermain pun harus disesuaikan dengan karakteristik anak.
Namun demikian, kita tetap harus menyeimbangkan kegiatan bermainnya. Jadi, meski si kecil suka kegiatan bermain yang tenang, kita tetap harus mengajaknya bermain aktif secara fisik. Misalnya : main petak umpet atau mengajaknya jalan-jalan keluar.
Untuk mengajaknya bermain, beri contoh lebih dulu, lalu di ulang-ulang hingga akhirnya ia paham. Dengan catatan, jangan memksa kalau ia tak bisa mengikuti atau memahami. Kita harus membesarkan hatinya, misalnya : "Ooo ... belum bisa ya ? yuk, kita coba lagi". Dengan demikian anak akan bertambah senang.


Dari berbagai sumber

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello all,

we are a small organization dedicated to provide early guide to those interested to continue their study overseas, especially to the United States or United Kingdom.

we understand that this group is quite a popular group in yahoo, therefore why not joining and share some vision.

some of you may consider this as a concealed type of advertisment, but that's ok. should there be negative comment or even expelling us from this group, that's also okay with us.

anyway, should anyone of you interested in sharing visions with us, don't hesitate to visit us at

www.homestay-uk.blogspot.com
www.homestay-us.blogspot.com

thank you,

indie